Friday, April 21, 2017

INILAH 7 KARAKTERISTIK DAN KUALITAS SEORANG GURU YANG BAIK

Setiap guru ingin menjadi guru yang baik, tapi apakah ini mitos tentang menjadi "guru yang baik"? Siapakah mereka? Bagaimana karakteristiknya? Dan bagaimana Anda bisa menjadi nomor satu?


Ada beberapa kualitas yang paling relevan bagi seseorang yang terlibat dalam pekerjaan mengajar. Saya percaya jika seorang guru memiliki karakteristik dan kualitas berikut, dia bisa menjadi guru yang sangat baik.

1. Ramah dan Menyenangkan

Menurut saya karakteristik terpenting seorang guru yang baik adalah bersikap ramah dan menyenangkan bagi murid-muridnya. Ini adalah nilai tambah jika murid-muridnya dapat berbagi cerita dengan sang guru, tanpa merasa takut atau ragu. Saya pikir siswa selalu menganggap guru mereka sebagai musuh mereka. Dengan mentalitas ini, mereka tidak akan pernah bisa dekat satu sama lain, dan selain itu berapa banyak guru yang Anda sukai yang TIDAK ramah, dan agak sombong dan kasar?

2. Pribadi yang Baik

Seorang guru yang baik memiliki kepribadian yang sangat baik. Siswa selalu tertarik pada guru dengan kepribadian baik yang mengarah pada komunikasi, pemahaman, dan hasil yang baik. Setiap orang bisa memiliki kepribadian yang baik, layak, menyenangkan, dan rapi. Hanya berpakaian sopan dan rapi, wangi, dan sedikit lembut dan baik hati. Itu saja.

3. Memiliki Pengetahuan yang Mendalam

Karakteristik penting lain dari seorang guru yang baik adalah pengetahuan dan pendidikannya sendiri. Ada pepatah mengatakan bahwa 'seorang guru sebaik pengetahuannya'. Bagaimanapun, ia sedang melakukan pekerjaan guru, yaitu mengajar. Jika ia sendiri tidak memiliki pengetahuan tentang topik tertentu yang ia ajarkan, ia tidak akan pernah membuat bangga dirinya sendiri. 

4. Seorang Komunikator yang Baik

Salah satu karakteristik penting dari seorang guru yang baik adalah kemampuan komunikasinya. Dia harus menjadi pembicara yang sangat baik. Karakteristik ini akan memberi manfaat dalam beberapa cara. Sebagai contoh:
  • Jika kemampuan berkomunikasinya bagus, ia bisa menyampaikan ceramahnya dengan keterampilan dan hasil yang lebih baik.
  • Jika ia adalah seorang pembicara yang baik, kekuatan kelasnya meningkat secara otomatis. Orang senang mendengar orang yang bisa berbicara dengan cukup baik. 
5. Seorang Pendengar yang Baik

Selain sebagai komunikator yang baik, guru yang baik juga harus memiliki karakteristik menjadi pendengar yang lebih baik. Seperti ada pepatah Turki:

"Jika berbicara adalah perak, maka dengarkan adalah emas."

Ingat, pendengar yang baik akan selalu memiliki banyak teman dan penggemar. Karena orang tidak mau mendengar setiap saat, mereka membutuhkan orang yang bisa mendengarkan mereka juga. Dan ketika seorang guru yang baik mengembangkan kualitas pasien ini dalam dirinya, dia mulai menjadi guru yang hebat.

6. Memiliki Selera Humor yang Baik

Guru yang baik juga harus memiliki kualitas dan karakteristik dalam hal memiliki selera humor yang baik. Ini adalah fakta logis bahwa seseorang pada umumnya mengajarkan generasi berikutnya dan karena mereka lebih muda dari pada profesor, mereka juga diharapkan lebih banyak bersenang-senang di kelas. Jadi, guru yang baik adalah orang yang bisa mengikuti selera humornya, dan dengan kemampuan dan kepribadian komunikasi yang kuat, juga bisa menjaga disiplin kelas.

7. Baik Hati

Yang terakhir tapi jelas salah satu ciri paling penting untuk dimiliki di dalam kotak kualitasnya: ia harus menjadi orang yang lembut, baik hati, sopan, dan baik hati. Siswa harus mencintainya, dan saat mereka mencintainya, mereka mengidolakannya. Kemudian akhirnya, mereka akan menghormatinya, akan mengerjakan pekerjaan rumah, dan akhirnya akan membawa hasil dan hasil yang lebih besar.


Sumber :
https://owlcation.com

No comments:
Write comments